Senin, 11 Oktober 2010

Penyebab Orang Tertawa sampai Terkencing-kencing

Barusan baca DetikHealth tentang "Mengapa Orang Tertawa Bisa Terkencing-kencing?". Jadinya saya pingin share di sini juga. Orang tua-tua jawa bilang, "ojo ngguyu kekel2,mengko mundhak kepoyo." Kalimat itu ada benarnya, saya sering melihat orang tertawa terpingkal2 sampai tak sadar ia kencing alias terkencing2 he he.

Tidak hanya saat tertawa aja katanya. Saat bersin atau terbahak, seseorang pun bisa tanpa sadar ngompol atau kencing di celana. Kondisi itu disebut urinary stress incontinence, yakni ketidakmampuan menahan kencing akibat tekanan di sekitar kandung kemih. Tekanan itu bisa dipicu oleh kontraksi saat beraktivitas. Mulai dari yang berat seperti olahraga atau mengangkat sesuatu, hingga yang lebih ringan seperti bersin dan tertawa.

Pria relatif lebih jarang mengalami stress incontinence, namun bukan berarti tidak pernah terjadi. Umumnya hal itu hanya dialami pria yang baru saja menjalani operasi pada kelenjar prostat. Nah ini benar, yang sering itu mbah-mbah tua, kalau tertawa langsung ngompol.

Untuk mengatasinya, di antaranya melakukan senam Kegel untuk menguatkan otot panggul, latihan menahan kencing serta menjaga berat badan untuk mengurangi tekanan pada kandung kemih. Teknik senam Kegel yang mudah dilakukan caranya adalah kontraksikan otot seperti menahan kencing untuk awalnya selama 5 detik, kemudian kendurkan. Terus ulangi latihan tersebut setidaknya lima kali berturut-turut dengan meningkatkan lama waktu menahan kencing 15-20 detik.

Artikel Terkait

1 komentar so far

pasti pengalaman pribadi ya pak :D


EmoticonEmoticon